All for Joomla All for Webmasters
Home / Ibu dan Anak / 6 Zat Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

6 Zat Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil – Bagaimana jika selama kehamilan seorang ibu mengalami kekurangan asupan gizi? Tentu saja hal tersebut dapat berdampak pada terjadinya bayi terlahir secara prematur, adanya kelainan bayi pada sistem syarafnya, janin berkembang tidak normal, mengakibatkan keguguran hingga kematian janin. Karenanya perhatikan betul-betul tentang asupan gizi yang berkualitas secara kecukupan.

Gizi Yang Di Butuhkan Ibu Hamil
Gizi Yang Di Butuhkan Ibu Hamil

6 Zat Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Mengenai zat gizi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya itu penting. Pastinya memerlukan sumber nutrisi utama yang terbilang sangat baik bagi tubuh. Pasalnya apa yang ibu hamil makan, demikian pula diasup oleh bayi di dalam rahim. Untuk itu, anda sebagai wanita hamil harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan yang dikonsumsi. Di bawah ini ada beberapa gizi yang dibutuhkan ibu hamil.

Zat Gizi Asam Folat

Asam folat  sangat diperluakn oleh janin yang ada dikandungan ibu hamil. Dengan jumlah  yang banyak sehingga mampu membantu dalam pembentukan sel dan sistem syaraf.  Pada saat trimester pertama janin lebih memerlukan asam folat  tambahan sebanyak 400 mikrogram per harinya. Apabila janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin mengalami kelainan saat dilahirkan. Anda bisa mendapatkan asam folat dari buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Zat Gizi Protein

Protein adalah sumber kalori dan zat pembangun, dimana memiliki fungsi sebagai  pembentukan darah dan sel. Selain itu keberadaan  protein memang sangat diperlukan  oleh ibu hamil dengan jumlah protein itu sendiri berkisar 60 gram  dalam setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Untuk menemukan kandunagn protein yang banyak bisa anda konsumsi  kacang-kacangan, tempe, putih telur, tahu, dan daging.

Zat Gizi Kalori

Setidaknya selama kehamilan berlangsung, anda harus mengonsumsi  kalori yang lebih dimana telah dikisaran 300-400 kkal per harinya.  Adapun kandungan kalori tersebut berasal dari sumber makanan yang bervariasi, umumnya ada pada pola makan 4 sehat 5 sempurna. Semisal untuk umbi-umbian dan nasi sebagai sumber utama karbohidrat  yang dibutuhkan berkisar 55% kalori, sementara lemak nabati atau hewani sebanyak 35%, terakhir  10% dari protein dan sayuran dan buah-buahan.

Zat Besi

Kebutuhan akan zat besi harus meningkat terutama selama trimester kedua dan ketiga kehamilan. Pasalnya zat besi diperlukan untuk pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel tubuh  calon bayi, sebagai pembentukan dan fungsi normal sel darah merah, termasuk dalam memperlancar transfer oksigen ke seluruh tubuh. Di samping itu, zat besi  sangat penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Jika ibu hamil kekurangan zat besi akan lebih sering mengalami kelelahan yang mampu memicu terjadinya anemia.  Anda bisa memperoleh zat besi dari makanan yang  kaya  akan zat besi misalnya ayam, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Zat Gizi Kalsium

Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium penting untuk pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin yang ada di dalam kandungan.  Dengan mencukupi konsumsi kalsium selama kehamilan berlangsung, memungkinkan ibu hamil terhindar dari penyakit osteoporosis. Hal ini beralasan karena kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya.  Anda bisa memanfaatkan susu dan produk olahan lainnya yang mana sumber kalsium terbaik. Selain itu, sumber kalsium juga bisa anda dapatkan dari  kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Zat Gizi Vitamin

Beberapa vitamin  yang akan menunjang kebutuhan gizi dari sang ibu hamil memang terbilang penting. Tanpa adanya vitamin tubuh ibu hamil akan selalu merasa sehat dan bugar. Adapun jenis vitamin tersebut seperti Vitamin D sebagai pembentukan dan fungsi normal sel darah merah, vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan gusi dan gigi serta vitamin A baik dalam fungsi mata.

Penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi. Zat-zat gizi tersebut berguna untuk menunjang kehamilan agar ibu hamil dan bayi selalu sehat.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *