All for Joomla All for Webmasters
Home / Ibu dan Anak / 6 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil yang baik dilakukan

6 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil yang baik dilakukan

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Penting bagi  ibu hamil untuk mengetahui jenis-jenis olahraga yang aman dilakukan sewaktu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang berat. Dimana selama kehamilan tersebut, seorang wanita akan mendapatkan organ tubuh yang  bekerja dua kali lipat, lantaran sekarang ini menopang janin yang dikandungnya. Maka tidak heran banyak ibu hamil yang mudah  mengalami kelelahan atau sakit tertentu selama masa  kehamilan berrlangsung.

Oleh karena itu, disarankan untuk para ibu hamil melakukan kegiatan olahraga demi lebih meningkatkan kebugaran tubuh dan juga meningkatkan kesehatan kehamilan sang ibu. Tentunya porsi dan jenis olahraga yang dilakukan berbeda ketika ibu tidak sedang hamil.

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil
Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Adapun manfaat utama berolahraga yakni memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa harus menyebabkan munculnya stres atau juga gangguan terhadap janin yang sedang di kandung. Beberapa jenis olahraga yang bisa diterapkan oleh ibu hamil ialah.

Berjalan

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Berjalan termasuk jenis olahraga yang paling baik bagi ibu hamil. Setidaknya anda melakukannya pada trisemester ketiga supaya posisi janin masuk ke jalan lahir. Seorang ahli mengatakan jika wanita hamil  berjalan kaki mampu melatih jantung janin supaya lebih sehat. Akan tetapi, kebanyakan berjalan menjadikan beberapa ibu hamil kerap mengalami masalah dengan kaki bengkak. Karena itulah,  disarankan berjalan kaki selama tiga hari dalam satu minggu dalam waktu sekitar 30 menit.

Yoga

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Yoga  menjadi pilihan terbaik bagi para ibu hamil saat keberlangsungan masa hamil, apalagi jika kondisi tubuh sedang letih atau tidak fit. Dengan berlatih yoga saat hamil tidak membutuhkan energi yang besar lain seperti olahraga pada umumnya,  karena memang fungsinya hanya untuk mengurangi ketegangan, melancarkan persalinan dimana otot-otot yang tidak tegang hingga mampu meningkatkan mood ibu hamil.

Aerobik

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Saat anda melakukan Yoga, maka tidak akan membutuhkan gerakan aktif, berbeda lagi jika anda latihan aerobik yang mana menjadikan  anda untuk melakukan berbagai gerakan aktif.  Beberapa para ahli mengungkapkan bahwasannya ibu hamil yang ingin melakukan latihan aerobik sangat disarankan  untuk melakukan seditik gerakan yang akan membuatnya merasa lrbih nyaman dan jugs aman bagi janin di dalam kandungan.

Kegel

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Kegel adalah senam peregangan yang akan membantu anda saat persalinan nanti agar lebih mudah. Dengan melakukan senam kegel tentu saja begitu  berguna untuk melatih dan menguatkan otot-otot panggul. Selian itu, senam kegel juga bermanfaat dalam melatih otot di sekitar  rahim, uretra, rektum serta kandung kemih. Anda cukup melakukan gerakan dengan duduk atau berdiri selama  3 hingga 10 detik. Alangkah baiknya untuk latihan tersebut selama 4 kali sehari.

Senam jongkok

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Senam jongkok termasuk senam untuk ibu hamil yang berguna baik dalam memperkuat otot paha.  Dimana otot panggul akan dilatih dalam meregangkan, sehingga memudahkan anda pada saat persalinan nanti. Pastinya senam yang atu ini hanya dilakukan seketika trisemester ketiga. Untuk melakukannya yakni dengan posisi punggung lurus dan  seacra perlahan, turunkan badan sampai ke posisi jongkok. Kemudian, tahan selama 10 detik dan perlahan kembali ke posisi berdiri. Ulangi senam tersebut beberapa kali sehari.

Sepeda Statis

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil – Berikutnya anda bisa berolahraga dengan sepeda statis.  Perlu diketahui cara olahraga seperti ini akan bermanfaat untuk mengirim sekaligus meningkatkan oksigen ke otak bayi. Olahraga ini bisa menjadi alternatif anda selain berjalan. Dengan membiasakan  diri untuk sepeda statis selama 10 atau 15 menit untuk  menjaga kesehatan anda.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *